Sekolah Berprestasi

Segudang Prestasi di SMK Mitra Industri MM 2100

Tak hanya membentuk karakter siswa untuk berperilaku positif, SMK Mitra Industri MM2100 juga banyak mencetak berbagai prestasi kejuaraan baik atas nama sekolah maupun pribadi siswa.

Bervisikan untuk menjadi pusat pendidikan dan pengembangan yang mencetak siswa sesuai dengan kebutuhan industri dan berjiwa wirausaha, SMK Mitra Industri MM2100, terus meluluskan siswa-siswi berpretasi yang berdayaguna.

Dalam pengembangannya, kehadiran SMK Mitra Industri MM2100, sekaligus ingin merubah asumsi yang marak memberitakan bahwa lulusan sekolah menengah kejuaran (SMK) menjadi penyumbang tertinggi pengangguran terbuka di Indonesia, yang mana hal ini bertolak belakang dengan rencana awal menjadikan lulusan SMK langsung bisa diserap oleh dunia usaha.

Didirikan pada tanggal 16 Februari 2011 di atas lahan 2 hektar oleh  Yayasan Mitra Industri Mandiri sebagai Pengelola Kawasan MM2100, FKKSM serta didukung oleh perusahaan di Kawasan Industri MM2100. SMK Mitra Industri MM2100 terbukti hadir untuk membentuk karakter siswa berperilaku positif. Yakni dengan komitmen yang dibawa untuk terus membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan sesuai kebutuhan industri. Sehingga mampu membangun jiwa wirausaha yang tangguh.

 “Tak hanya membentuk karakter siswa untuk berperilaku positif, SMK Mitra Industri MM2100 juga banyak mencetak berbagai prestasi kejuaraan baik atas nama sekolah maupun pribadi siswa. Berbagai perolehan prestasi ini diharapkan akan menjadi bekal mereka nanti, untuk meraih cita-cita yang diinginkan,” terang Kepala Sekolah SMK Mitra Industri MM 2100 Lispiyatmini,S.Pd.

Ditambahkan Lispiyatmini, pihaknya berserta jajaran akademik lainya selalu memotivasi siswa-siswi untuk terus berprestasi di antaranya dengan  memberikan rewards yang jelas kepada mereka yang terbukti mampu mengharumkan nama sekolah. “Dan yang utama adalah kami terus memastikan para siswa untuk selalu semangat dalam mencapai cita-citanya yang sudah menjadi pilihah mereka sejak  awal masuk sekolah,” imbuhnya.

Hadirkan Lulusan Berkualitas

SMK Mitra Industri MM2100 menyadari adanya kebutuhan tenaga kerja yang sangat besar khususnya di kawasan industri Terbesar di bekasi ini, dengan beberapa  poin terkait Tenaga Operator, Sistem Kerja Kontrak, Frekuensi rekrut setiap hari serta Petumbuhan Industri Manufaktur terus meningkat. Namun hal ini tidak diimbangi dengan Kualitas Lulusan SMK, dalam artian kulitas lulusan yang tidak memenuhi kompetensi seperti yang dibutuhkan oleh Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dudi).

Antara lain, dalam Pengetahuan lulusan SMK terbilang  produktif namun tidak ter-update dan  penguasaan matematika dasar yang sangat kurang. Keterampilan yang dimiliki siswa SMK  masih  di bawah standard, sedangkan dalam sikap, siswa SMK cenderung Pasif, kurang percaya diri, malas, susah beradapatasi dan tidak suka tantangan.

Terkait persoalan diatas, SMK Mitra Industri MM2100 memastikan merujuk dari prestasi-prestasi yang telah diraih oleh siswa –siswi SMK-nya, ke depan SMK Mitra Industri MM2100 akan menjadi role model the real vocation school di Indonesia. “Adapun syarat kelulusan di SMK Mitra Industri MM2100 adalah telah memenuhi tiga prinsip Kelulusan SMK yakni yang akrab dikenal dengan I know/ Saya tahu terkait Knowledge, I can/ Saya Bisa terkait Skill, dan I do/Saya lakukan terkait Attitude,” imbuh Lispiyatmini.

Dilanjutkan Lispiyatmini, dalam mengikuti pendidikan siswa-siswi SMK Mitra Industri MM2100 diwajibkan menjunjung  lima nilai utama, yakni JUJUR, para siswa-siswi membudayakan memberikan informasi yang benar sesuai dengan kenyataan, tidak berbohong dan tidak munafik. TANGGUNG JAWAB, siswa siswi mengemban sikap menerima tugas dengan segala konsekuensinya. DISIPLIN, yakni taat dan patuh pada aturan yang sudah ditentukan. KERJASAMA, yakni menjalankan tugas bersama untuk mencapai tujuan serta mau membantu orang lain. Selanjutnya, PEDULI yakni memperhatikan orang lain atau memperlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan. “Tak lupa juga budaya 6 S: Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun dan Semangat,” imbuhnya.

Keunggulan SMK Mitra Industri MM2100

Sekolah yang diprakasai dan memiliki manajemen sekolah yang sebagian besar adalah para praktisi HRD MM2100 ini, menerapkan sistem pendidikan terpadu link and match dengan kebutuhan industri dan berbasis kompetensi yang berfokus pada sikap positif untuk membentuk karakter yang berlandaskan lima nilai utama serta menjalankan segitiga emas komunikasi, orang tua, sekolah dan siswa secara intens.

SMK Mitra Industri MM 2100 juga menggunakan piramida kompetensi dalam proses pembelajaran dengan distribusi 20 persen Pengetahuan, 30 persen Keterampilan dan 50 persen Pembentukan Sikap, hal ini diyakini menjadi salah satu kunci menghasilkan generasi pekerja industri yang mumpuni. Menerapkan budaya industri di sekolah bukan hal baru di lingkungan pendidikan SMK ini, terlebih lagi strong networking dengan industri di Kawasan Industri MM2100 menjadikan SMK ini dengan mudah dapat menjalankan alur pembelajaran yang dinamis.

Dikarenakan,  lahirnya SMK ini diprakarsai oleh praktisi HRD sebagai volunteer dan menjawab tantangan dan kebutuhan tenaga kerja di industri maka untuk terciptanya kerja sama dengan berbagai perusahaan atau industri, SMK Mitra Industri MM 2100 kini harus menjadi mitra bagi industri antara lain dalam hal Penyusunan dan pengembangan kurikulum, Praktek kerja dan teaching faktori, penerapan budaya industri di sekolah, Uji kompetensi siswa, pendanaan dan pengadaan sarana pendidikan, Penguatan kompetensi guru serta Perekrutan dan pemagangan.  “Tak hanya itu di SMK Mitra Industri MM 2100 siswa mendapatkan minat sesuai dengan impiannya (Bekerja, Magang ke Jepang dan Kuliah)”, tutup Lispiyatmini.

Tabel 

Prestasi SMK Mitra Industri MM 2100

  • JUARA 1 SKILL KONTES REGIONAL TBSM ASTRA HONDA TAHUN 2019
  • JUARA 1 LOMBA PIDATO BAHASA JEPANG TINGKAT NASIONAL
  • JUARA 2 KATEGORI STANDART DAN COMPLETE SMK BINAAN PT ASTRA HONDA MOTOR
  • JUARA 1 SEKOLAH SAHABAT KELUARGA TINGKAT NASIONAL
  • JUARA 3 LKS JURUSAN MESIN TINGKAT PROVINSI JAWA BARAT
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close