Sekolah Berprestasi

Pramuka SMPN 39 Kota Bekasi Raih Juara I LOKER 2019

Kembali menorehkan prestasi, SMPN 39 Kota Bekasi berhasil menjadi yang terbaik dalam Lomba Kemah Beregu (LOKER) 2019 se-Kota Bekasi.

Tak hanya fokus dalam mata pelajaran, Sekolah juga harus menjadi institusi pembentukan karakter siswa. Hal ini dibuktikan oleh SMPN 39 Kota Bekasi, bahwa pendidikan karakter siswa tidak boleh terlupakan dan harus lebih  ditekankan sebagai marwah dari pendidikan itu sendiri, yakni dengan meraih Juara I LOKER 2019, dalam Lomba Kemah Beregu (LOKER) 2019 se-Kota Bekasi yang dilaksanakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Bekasi di Bumi Perkemahan Patriot Jatisari, 25 – 27 Oktober lalu.

LOKER atau lomba kemah beregu berprestasi merupakan wahana pembinaan diri dalam upaya meningkatkan kualitas anggota pramuka di Kota Bekasi. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk latihan kemandirian di alam terbuka yang memiliki daya saing antar sesame regu peserta dengan sasaran pembinaan generasi muda yang tangguh dan berkarakter.

Adapun dalam lomba kali ini SMPN 39 berhasil meraih, Juara 1 Mapping, Juara 2 LKBBT, Juara 3 MHQ dan Juara 3 SMS, sehingga akhirnya SMPN 39 didaulat sebagai Juara Umum 1 (Utama).

“Suatu kebanggan tersendiri bagi SMP Negeri 39 Kota Bekasi telah menunjukan prestasi terbaiknya. Dengan menjadi Juara Utama Regu Putra dalam giat lomba kemah regu berprestasi tahun 2019 Tingkat Kwarcab Kota Bekasi. Untuk meraih hal yang membanggakan ini kegigihan seorang pelatih dan anggota Pramuka sangat penting dalam peraihan prestasi di sekolah,” ungkap bangga Kepala SMPN 39 Kota Bekasi Indra Gunawan.

Diceritakan Indra, dalam beberapa hari sebelum pelaksanaan LOKER, 8 putra terbaik dari Regu Inti Pramuka Pangkalan SMP Negeri 39 sudah dilatih dengan giat. Mereka dipandu latih oleh Ka’ Is dan Ka’ Bayu. Mereka mengikuti komando setiap pembelajaran yang disampaikan. Terus melakukan simulasi sampai mereka semua paham dengan materi yang akan menjadi penilaian dalam lomba kemah regu berprestasi nantinya, seperti mendirikan tenda, memasak makanan, pionering, maket, yelling, dan materi Pramuka lainnya.

“Mereka menunjukkan jiwa patriotisme penuh dengan kemandirian, kedisiplinan dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Kekompakan dan kebersamaan mereka menjadi satu nilai penting bagi mereka,” kata Indra.

Dalam tekad mereka yang kuat, sesuai dengan motto Paskhas 39, “Bergerak atau Tergantikan” menjadi kalimat motivasi yang luar biasa, sehingga mereka selalu ingin memberikan yang terbaik untuk Pramuka Pangkalan SMP Negeri 39 Kota Bekasi. “Alhamduliah, dengan semua kekompakan, kebersamaan dan jiwa patriotisme dasa darma yang tertoreh, Perwakilan Regu terbaik PramukaPangkalan SMP Negeri 39 diakhir penilaian, maju sebagai Juara Utama Regu Putra Terbaik Tingkat Kwarcab Kota Bekasi,” pungkas Indra.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close