BUMN Mendidk

Pertamina Peduli Pendidikan Melalui PEN

Dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke-62, Pertamina menyelenggarakan kegiatan Pertamina Energi Negeri. Pekerja Pertamina menjadi relawan mengajar untuk anak-anak SD.

Sebagai  perusahan negara, memiliki fungi juga sebagai agent of development  yang ikut berkontribusi terhadap pembangunan. Salah satunya melalui dunia pendidikan, seperti yang dilakukan oleh karyawan PT Pertamina (Persero) di Balikpapan. Di kota Minyak ini, Pertamina menyelenggrakan kegiatan Pertamina Energi Negeri (PEN). Pagi itu, Senin (18/11), puluhan pekerja Pertamina turun ke Sekolah Dasar dalam rangka menyelenggarakan PEN ke-4. Pihak Pertamina memberikan pengajaran di dalam kelas mengenai pembentukan budaya sekaligus penjelasan tentang pengelolaan energi ke depan.

Kegiatan ini disambut hangat para guru-guru dan murid. Kegiatan tersebut diselenggarakan di empat Sekolah Dasar, yaitu SD 006 Balikpapan Utara, SD 016 Balikpapan Utara, SD 017 Balikpapan Utara dan SD 003 Balikpapan Utara. Pekerja yang turun ke mengajar ke SD tersebut merupakan relawan yang berasal dari berbagai unit operasi Pertamina di Balikpapan, tidak hanya RU V dan MOR VI, tetapi juga dari anak perusahaan seperti PEP Aset V, PHKT,PHE Nunukan, dan Pertagas. Total 74 orang relawan ini telah dibagi berdasarkan minat yaitu relawan pengajar, relawan fasilitator dan relawan dokumentator.

General Manager RU V Mulyono yang turut hadir di tengah-tengah relawan dan membuka kegiatan di SD 003 Muara Rapak Balikpapan Utara menjelaskan, kegiatan ini diinisiasi dari landasan pemikiran kepedulian terhadap pengembangan aspek sikap dan perilaku serta tindakan (budaya) anak-anak usia pendidikan dasar.“Ini tahun ke-4 kami menyelenggarakan kegiatan serupa, dan kami sangat apresiatif kepada para relawan yang semakin tahun semakin bertambah dan kepada pihak sekolah yang bersedia kami datangi untuk diberikan waktu menginspirasi anak-anak kita,” jelasnya.

Kegiatan ini tidak hanya berlangsung di Balikpapan saja. Hampir serentak di seluruh unit operasi Pertamina dari Sabang sampai Merauke, kegiatan serupa dilaksanakan dengan tujuan agar insan Pertamina dapat bersentuhan langsung dengan dunia pendidikan sebagai wujud bagian dari ikut serta dalam kemajuan pendidikan secara konkret. Selain itu, harapannya anak-anak usia pendidikan dasar dapat meningkatkan kecintaanya terhadap Indonesia melalui kecintaan terhadap Pertamina, baik itu perusahaan secara luas maupun produk melalui kegiatan Pertamina Energi Negeri.

Sekolah yang menjadi tempat terselenggaranya kegiatan Pertamina Energi Negeri dipilih berdasarkan beberapa kriteria yakni, berada di sekitar wilayah kerja Pertamina, berada di lingkungan dengan latar belakang ekonomi pra-sejahtera, SD yang memiliki wali/orang tua siswa dengan latar belakang ekonomi pra-sejahtera atau mayoritas berprofesi di sektor informal. Syarat lainnya adalah SD Negeri/Swasta dengan latar kategori di bawah SSN (Sekolah Standar Nasional) serta diprioritaskan untuk SD yang belum pernah diikutkan pada PEN sebelumnya.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close