DU-DI Mendidik

MMKI Donasikan 3 unit Xpander Untuk 3 SMK di Kabupaten Bekasi

Dukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) donasikan tiga unit Xpander UntukSMK di Kabupaten Bekasi.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) memberi bantuan berupa tiga unit Xpander untuk tiga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di kawasan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Donasi ini diklaim menjadi bukti konsistensi MMKI untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya bagi Sekolah Menengah Kejuruan. Unit-unit kendaraan tersebut diharapkan dapat menunjang pengetahuan siswa SMK yang mengambil bidang kekhususan otomotif. 

“Kegiatan ini bagian dari Program Corporate Social Responsibility (CSR) yang bernama MMKI Development Program. Program ini adalah bukti kepedulian perusahaan kami terhadap pendidikan di Indonesia. Ke depan MMKI Development Program akan terus dilakukan secara berkesinambungan agar memberikan hasil yang signifikan bagi perkembangan pendidikan terutama pada bidang yang berkaitan dengan otomotif,” terang Presiden Direktur MMKI Shinji Matsumura.

MMKI Development Program dimulai pada tahun 2017 melalui kegiatan 1-Day Seminar yang diikuti oleh 550 pelajar SMK dan 12-Days Training dengan peserta sejumlah 55 orang dari SMK di Wilayah Kabupaten Bekasi. Tahun 2018, jumlah peserta meningkat menjadi 1.025 peserta untuk 1-Day Seminar dan 110 pelajar untuk 12-Days Training untuk Wilayah Jawa Barat. Dalam tahun 2019, kedua kegiatan ini akan merambah wilayah baru di Jawa Tengah.

Adapun ke-3 SMK yang terpilih adalah SMKN 1 Cikarang Selatan, SMK Bina Prestasi di Tambun dan SMK Binamitra di Cikarang Timur.

Dukung Program Link & Macth Pemerintah

MMKI Development Program merupakan salah satu program yang sejalan dengan upaya pemerintah yang tengah mencanangkan program link & match antara dunia industri dan SMK. Adapun salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh program link & match tersebut adalah agar SMK mampu memenuhi kebutuhan industri dan output dari SMK menghasilkan tenaga yang andal. Implementasi program link &match di antaranya yakni penyelarasan kurikulum antara kurikulum nasional dan kurikulum industri. Penyelarasan kurikulum ini tentu memiliki konsekuensi di antaranya standarisasi sarana praktek.

“Bagi SMK sarana praktek adalah kebutuhan yang wajib dipenuhi namun dalam pemenuhannya seringkali mengalami kendala. Karena standarisasi sarana ini membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Oleh karena itu, program CSR seperti yang di lakukan oleh PT MMKI dengan memberikan satu unit kendaraan untuk praktek sangat membantu sekali untuk SMK Bina Prestasi dalam mempercepat penguasaan skill vokasi peserta didiknya, sehingga diharapkan mereka menjadi peserta didik yang mampu memahami kompetensi yang harus dikuasainya,” papar Kepala SMK Bina Prestasi Maulana Putra, SE.

Lebih lanjut Maulana memaparkan, sebelum diberikan informasi bahwa SMK Bina Prestasi akan mendapatkan bantuan satu unit kendaraan alat praktek, PT. MMKI terlebih dahulu mengadakan program magang guru dan siswa. SMK Bina prestasi bersama 20 SMK lainnya yang menjadi binaan PT MMKI  dibina selama tiga bulan di industrinya dan sekaligus dinilai oleh mereka.

“Syukur Alhamdulillah SMK Bina Prestasi mendapatkan urutan nomor 2 terbaik dari SMK yang menjadi binaan PT MMKI atas partisipasi program magang yang sudah dilaksanakan. Selang beberapa hari kemudian kami disampaikan oleh mereka akan mendapatkan bantuan satu unit kendaraan dengan harapan bisa membantu kami (SMK Bina Prestasi) dalam pemanfaatan unit kendaraan tersebut sebagai alat praktek kegiatan belajar mengajar di sekolah,” cerita Maulana.

Ia menerangkan pula, meskipun saat ini di SMK Bina Prestasi belum ada yang mengambil bidang khusus otomotif. Namun, nantinya kendaraan akan dipergunakan sebagai media pembelajaran berbasis trouble shooting. Hingga saat ini tercatat ada sekitar 271 siswa yang khusus dari jurusan otomotif (teknik kendaraan ringan) kesemuanya angkatan X, XI dan XII.

Di tempat yang sama, Kepala Sekolah SMKN 1 Cikarang Selatan Hoyandi, turut meyatakan ungkapan terimakasihnya karena telah menjadi salah satu SMK terpilih dalam MMKI Development Program. “Sekolah kami menyambut baik keterlibatan perusahaan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Sinergi antara dunia pendidikan dan industri penting untuk terus dilakukan agar pendidikan dapat mengikuti perkembangan yang terjadi pada industri,” ungkapnya.

Bupati Apresiasi Program MMKI

Turut hadir dalam acara penyerahan donasi kendaraan yang berlangsung di SMKN 1 Cikarang Selatan ini Bupati Bekasi, H. Eka Supria Atmaja, SH, ia pun menghaturkan terima kasih kepada PT MMKI yang telah memberikan CSR berupa tiga unit mobil untuk tiga sekolah di Kabupaten Bekasi. “Tentunya saya berharap, pemberian CSR ini dapat bermanfaat bagi para siswa,” imbuh Eka Supria Atmaja.

Menurutnya, CSR yang diberikan oleh perusahaan dapat menunjang program pemerintah daerah dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara, serta berperan dalam menanggulangi kemiskinan. Selain mengucapkan rasa terima kasihnya, Bupati Bekasi juga menyampaikan program pembuatan alun-alun Kabupaten Bekasi, Program Bebenah (Bekasi Bedah Nata Rumah) dan Kampung Berseka (Bersih, Sehat, Berkah)  serta Gercep ( Gerai Cepat Pelayanan).

“Hingga saat ini, Kabupaten Bekasi belum memiliki alun-alun. Kita usahakan kedepannya, kita memiliki alun-alun tempat kita berkumpul bersama seluruh lapisan masyarakat,” ujar Eka Supria Atmaja dalam sambutannya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close