Berita Guru

Menteri Nadiem Hadiri Puncak Peringatan HUT ke-74 PGRI di Cikarang

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim menghadiri puncak peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu, 30 November 2019. Tercatat, sebanyak 37.356 guru dan tenaga pendidik hadir dalam kegiatan tersebut.

Selain dibuka oleh Mendikbud, acara yang mengambil tema “Guru Penggerak Indonesia Maju” itu turut dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Pendidikan periode 1993-1998 Wardiman Djojonegoro, Bupati Bekasi, Pengurus PGRI Pusat dan Cabang, Pejabat Kementerian, Bupati dan Walikota, serta para penerima penghargaan.

Mendikbud Nadien Makarim mengungkapkan, kesejahteraan guru menjadi hal penting demi menciptakan organisasi di sekolah yang penuh dengan kolaborasi dan karakter yg baik. Menurutnya, reformasi pendidikan harus dijadikan sebagai suatu gerakan nasional yang didukung dari atas dan digerakkan dari bawah. “Berilah kepercayaan kepada guru-guru untuk menjalankan tugasnya dengan baik, agar Indonesia memiliki SDM yang unggul dan kita punya panggung di kancah dunia,” serunya disambut tepukan tangan peserta.

Nadiem, yang mengajak para kepala sekolah dan pengawas untuk mengubah paradigma kepemimpinan, dari yang sebelumnya regulator menjadi pelayan itu menegaskan, pemerintah berkomitmen untuk mulai bergerak, menyederhanakan berbagai aturan, administrasi, kurikulum dan asesement. “Mohon para guru memberikan masukan, dan beri kami waktu untuk mewujudkan hal itu,” ungkap Nadiem.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum PB PGRI Unifah Rosyidi mengatakan, PGRI sebagai organisasi profesional adalah mitra strategis pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Mendikbud yang telah mendorong kreativitas guru di dalam kelas dan mendorong kemerdekaan pendidikan. “Jika guru meingkatkan profesionalisme dan menjaga integritas, menjaga toleransi, menyajikan informasi dengan ketulusan dan kasih sayangnya, kita yakin visi Indonesia unggul akan terwujud,” ungkap Unifah.

Rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan HUT ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional 2019 ini dimulai sejak Oktober sampai November 2019. Peringatan ini diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain upacara, pekan olahraga dan seni antar guru, pertukaran guru di kawasan Asean, lomba guru inspiratif yang kebanyakan diikuti dari daetah 3T, lomba guru menulis, kompetisi start up, pemberian anugerah, ziarah ke makam pahlawan kalibata, hingga pelatihan konten pembelajaran digital.

Pada puncak acara hari ini, dilakukan pemberian penghargaan kepada para bupati dan kepala daerah serta guru inspiratif yang diserahkan secara langsung oleh Mendikbud. Kegiatan ini turut dimeriahkan pula oleh beragam tarian dan nyanyian, serta persembahan tarian kolosal yang dibawakan oleh 1.200 siswa dari sekokah-sekolah yang berlokasi di sekitar Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close