Info dan Peristiwa

Manfaatkan Teknologi dalam Metode Pembelajaran

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus berupaya menyesuaikan metode pembelajaran agar sesuai dengan perkembangan zaman, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi informasi. Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbud, Gogot Suharwoto mengatakan, peserta didik harus diberikan pembelajaran sesuai kebutuhan dan kompetensinya.

Para pendidik harus bisa berinovasi memilih teknologi yang sesuai dengan pembelajaran. Awalnya pendidik itu menjadi teacher center (guru memerintah), sekarang menjadi student center, sehinggaproses pembelajaran jadi lebih konstruktif dan bisa mendapatkan feed back dari anak didik. Sekaligus juga bisa memperoleh pengetahuan dari peserta didik.

Ketua Tim Pelaksana Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional, Ilham Habibie pun memberikan analisisnya terkait tren pembelajaran yang akan terus dipengaruhi teknologi informasi. Ia berkeyakinan, metode yang sesuai dengan perkembangan teknologi akan lebih menarik minat siswa dalam proses pembelajaran. “Tren belajar ke depan adalah teknologi dijadikan alat untuk meng-encourage siswa sehingga muncul motivasi dan semangat belajarnya,” ujarnya.

Menurutnya, kurikulum yang sukses adalah metode pembelajaran yang disampaikan kepada siswa dengan project base learning. Di sini, guru tidak hanya sebagai penyedia, namun juga membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. “Pengetahuan diperoleh melalui belajar terapan dan diskusi dengan sesama siswa. Metode belajar yang mengedepankan relevansi antara aspek teori dan praktik akan lebih melekat,” jelasnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close