Info dan Peristiwa

Kegiatan Bimtek Disdik Kabupaten Bekasi

Bimtek yang mengambil judul “Optimalisasi Manajemen Berbasis Sekolah” diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi yang diikuti oleh semua jenjang pendidikan dari TK sampai SMP. Bertempat di Kampus Pelita Bangsa, Jl. Inspeksi Kalimalang Tegal Danas No.9 Cibatu, Cikarang Pusat, Kab. Bekasi, Jawa Barat. Adapun tujuan diadakannya Bimtek ini adalah untuk penguatan dalam manajemen sekolah yang seringkali diserahkan pada wakil bidang kurikulum. 

Menurut Deden E. Ariffan, sebagai pembicara di acara tersebut, fungsi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) sendiri ada tiga, yakni peningkatan efisiensi, peningkatan mutu dan peningkatan pemerataan. Peningkatan mutu dapat diukur dengan adanya perubahan sikap. Sedangkan pemerataan dinilai dengan adanya rekruitmen anak yang tidak mampu hingga mempunyai kesempatan bersekolah.

Selanjutnya ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam manajemen bagi kepala sekolah yaitu pertama, zona kendali. Dalam kondisi ini, maka lakukan aksi langsung. Kedua, zona pengaruh. Dalam kondisi ini, harus lakukan aksi persuasif. Ketiga, zona misteri. Dalam kondisi ini, gunakan aksi tanggap kolektif. Selain itu MBS harus tahu posisi sekolahnya berada di bawah atau atas standar nasional. Jika di bawah standar, maka orientasi pada pemenuhan standar.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close