Berita Siswa

Aulia Shafa Kamila, Putri SMANSA Cianjur

Didaulat menjadi Putri SMANSA itu tidaklah mudah. Bukan juga merupakan beban, melainkan sebuah kehormatan yang sungguh menyenangkan. Demikian yang diungkapkan Putri Sekolah Menengah Atas Negeri 1 (SMANSA) Kabupaten Cianjur, Aulia Shafa Kamila. Siswa kelahiran Cianjur, 27 Juni 2003 ini mengemban amanah besar, yakni sebagai representatif SMAN 1 Cianjur, sekaligus Duta Bahasa. Menurutnya, selain harus bisa bertutur kata dan berkarakter baik, Putri SMANSA juga mesti pandai berkomunikasi, percaya diri, dan berbakat.

Aulia bercerita, sebelum menggenggam gelar itu, ada beberapa tahapan seleksi yang harus dilewati oleh Aulia, antara lain tes tertulis yang berkaitan dengan materi pelajaran dan pengetahuan umum serta wawancara mengenai lima bidang, yaitu bahasa, lingkungan, budaya, kesehatan, hukum, dan narkoba. Selain itu, Aulia juga harus menampilkan kemampuannya melalui unjuk bakat. Dalam tahap ini peserta juga diminta untuk menampilkan story telling dalam bahasa Inggris.  

Aulia juga harus melewati tahap karantina selama dua hari. Sebuah pengalaman baru pun didapatkan Aulia. Di sini, ia seperti memperoleh keluarga baru yang terjalin erat saat masa karantina.

Kini, sebagai Putri SMANSA, Aulia mengaku harus berkomitmen dan sigap. Karena, Putra/Putri SMANSA kerap mendapat tugas mendadak dan dituntut harus selalu siap. “Kita mesti percaya diri dengan terus meningkatkan kemampuan. Misalnya, terus melatih public speaking, gesit, dan memiliki ide kreatif karena kita gak tahu akan ditempatkan pada situasi seperti apa. Prinsipnya, empowering each other, saling membantu, dan melengkapi satu sama lain,” jelasnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close