Info dan Peristiwa

Ajengan Masuk Sekolah Jadi Pendidikan Karakter Di Jabar

Program Ajengan Masuk Sekolah (AMS) kembali digulirkan. Kali ini, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 20 Bandung menjadi sekolah pertama di tahun 2020 yang melaksanakan program Pemerintah Provinsi Daerah Jawa Barat (Jabar) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar.

Wakil Gubernur (Wagub) Jabar, Uu Ruzhanul Ulum menegaskan, AMS merupakan upaya pemerintah untuk menanamkan pendidikan karakter melalui nilai moral dan akhlak. Kedua nilai tersebut diberikan melalui pendekatan keagamaan yang disampaikan oleh kiai/ajengan. Program ini diharapkan dapat memberikan warna tersendiri dalam pendidikan karakter di sekolah.

Melalui program ini, Uu berharap, selain memiliki ilmu pengetahuan hebat, siswa juga akan memiliki budi pekerti luhur. Orang tua juga akan bangga jika anaknya memiliki budi pekerti dan berakhlakul karimah. ‚ÄúDengan moral dan akhlak, semua (permasalahan) yang dihadapi bisa selesai,” kata Wagub.

Mengambil tema “Pentingnya Menuntut Ilmu”, K.H. Hasan Nuri Hidayatullah yang menjadi penceramah pada AMS di SMAN 20 Bandung mengatakan, salah satu cara guna mendapatkan keberkahan hidup di dunia adalah dengan mencari ilmu. “Kita harus memiliki ilmu yang berkah untuk membawa cita-cita bangsa ini menjadi negeri yang baldatun thayyibatun warabbun ghafur,” ucap ustaz yang akrab dipanggil Gus Hasan itu seraya berpesan.

Selalu niatkan mencari ilmu karena Allah. “Niat akan mempengaruhi apa yang sedang kita jalankan. Berdasarkan Hadis Riwayat Muslim, barangsiapa yang mencari ilmu karena Allah maka ia akan mendapatkan keberuntungan,” imbuhnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close